Kamis, Agustus 22, 2013

Kendaraan Tradisional Indonesia jaman dulu

Gambar 01. Galery kendaraan tradisional (www.festivalgerobaksapi.com)

Kendaraan atau angkutan adalah alat transportasi, baik yang digerakkan oleh mesin maupun oleh makhluk hidup. Kendaraan ini biasanya buatan manusia (mobil, motor, kereta, perahu, dan pesawat), ada yang bukan buatan manusia dan masih bisa disebut kendaraan, seperti gunung es dan batang pohon yang mengambang. Kendaraan tidak bisa juga digerakkan oleh manusia atau ditarik oleh hewan, seperti gerobak.

Sebelum masa transportasi berkembang dengan baik seperti sekarang, orang-orang jaman dulu yang ada di kepulauan seluruh nusantara menggunakan bantuan hewan untuk mengangkut barang-barang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Barang bawaan bisa langsung ditaruh dipunggung hewan atau di dalam gerobak yang ditarik hewan. Ada beberapa jenis hewan yang biasanya dipakai sebagai kendaraan atau tenaga penggerak kendaraan antara lain kuda, gajah, kerbau dan sapi.

Terdapat beberapa bukti jejak sejarah bahwa orang-orang di Nusantara pada jaman dulu sudah menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi baik untuk mengangkut orang atau barang. Sejumlah panel pada relief candi Borobudur ada yang menggambarkan bagaimana orang-orang jaman itu menggunakan sarana angkutan. Ada orang naik gajah, ditandu atau naik kereta. Namun penarik kereta yang dinaiki orang adalah kuda. Dengan demikian, kereta yang sudah dikenal adalah kereta kuda. Demikian pun, pada beberapa relief candi di Prambanan dan beberapa candi di Jawa Timur. Kereta-kereta yang ada ditarik oleh kuda.

Memasuki era kolonial pertama juga terdapat beberapa sketsa lukisan dan photo dimana ada gerobak yang ditarik sapi dan kerbau untuk mengangkut barang seperti hasil pertanian dan perkebunan. Sedangkan untuk angkutan orang pada masa Kolonial Belanda menggunakan angkutan kereta kuda yang biasanya hanya digunakan oleh kelompok orang-orang Belanda atau kelompok pribumi untuk golongan ningrat.

Pada saat ini kendaraan seperti itu memang sudah sulit ditemukan. Akan tetapi di beberapa wilayah objek wisata ada beberapa yang sengaja malah dilestarikan sebagai ciri khas kendaraan tradisional yang memiliki keunikan dan nilai history yang cukup menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Sebagai contoh andong yang terdapat di Jl. Malioboro Kota Jogjakarta.

sumber :
  1.  id.wikipedia.org "Kendaraan"
  2. gpswisataindonesia.info "sejarah gerobak sapi"
  3. www.festivalgerobaksapi.com "gerobak sapi tetap melaju dulu dan kini" 
Oleh : Eds Jr. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijak dan bersifat positif juga memberikan perbaikan.

eds graphics & design

eds graphics & design
eds graphics & design advertise banner

EDs daily review