Sabtu, Oktober 07, 2017

Beberapa alasan kenapa Indonesia wajib menjadi prioritas tujuan untuk berwisata

Gambar 01 Keunikan budaya Indonesia

Biasanya terdapat berbagai macam faktor yang menjadi alasan seseorang untuk berkunjung ke suatu negara atau lokasi tujuan wisata dalam mengisi waktu liburanya. Selain kemudahan dalam mengakses informasi negara atau lokasi wisata tujuan juga dibutuhkan fasilitas untuk menempuh perjalanan dari negara atau kota asal ke negara atau lokasi wisata tujuan yang harus memadai. Lalu alasan apa saja yang dapat menjadi bahan pertimbangan para calon wisatawan untuk memutuskan berkunjung ke lokasi-lokasi wisata yang ada di negara Indonesia.

Indonesia itu merupakan sebuah anugerah yang begitu luar biasa keindahaan dan kekayaan budayanya, masyarakatnya, keindahan geografisnya, menu kulinernya dan keberagamannya. Semua keindahan dan kekayaan tersebut terangkum dalam slogan resmi Pariwisata Indonesia yang dikeluarkan Kemenetrian Pariwisata Indonesia pada tahun 1 januari 2011 yang lalu yaitu "Wonderful Indonesia" dan "Pesona Indonesia". Berikut beberapa alasan yang dapat menjadikan lokasi-lokasi wisata di Indonesia sebagai  tujuan berlibur yang wajib dijadikan sebagai bahan pertimbangan prioritas untuk dikunjungi :

Indahnya bentangan geografis alam Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan dimana terdapat lebih dari sekitar 17.000 lebih kepulauan dan sekitar 7.000 lebih kepulauan telah diberi nama sedangkan sisanya merupakan kepulauan yang belum bernama yang berjajar terbentang sepanjang kurang lebih 8.514,22 kilo meter dari sabang sampai merauke. Indonesia beriklim tropis sehinnga mendapatkan beberapa kelebihan antara lain mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun, curah hujan yang tinggi dan tanah yang subur, suhu udara relatif stabil, memiliki dua musim yaitu kemarau dan hujan juga cuaca yang tidak terlalu ekstrim. Terdapat banyak titik lokasi wisata yang keindahan geografinya diakui dunia internasional, juga terdapat situs sejarah, satwa langka, dan masyarakat adat yang unik.

Beragamnya suku atau etnis yang memiliki keunikan tersendiri

Masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku atau etnik yang masing-masing memiliki tradisi dan upacar adat dengan keunikan tersendiri. Terdapat lebih dari 300 kelompok suku atau etnik di Indonesia dengan suku jawa sebagai suku terbesar mencapai sekitar 41% dari total populasi. Dari masing-masing suku memiliki tradisi adat, pakaian, rumah dan kuliner khas masing-masing sehingga menjadikannya sebagai suatu hal unik yang memiliki nilai penting bagi daya tarik wisata Indonesia.

Penduduk yang ramah dan toleran 

Masyarakat Indonesia yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika (berbeda-beda tapi tetap satu) dapat hidup berdampingan penuh toleransi dalam kerukunan dan kedamaian meskipun terdiri dari berbagai latar belakang perbedaan baik suku, ras maupun agama. Masyarakat Indonesia terkenal dengan keramahan dan sikap tolong-menolongnya serta berpikiran terbuka baik terhadap sesama atau terhadap pendatang.

Kaya akan menu kuliner

Masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragamnya suku atau etnik, memiliki menu kuliner yang lezat dan berciri khas masing-masing dari tiap suku atau etniknya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan menu kuliner. Mulai dari soto ayam, rendang, gudeg, nasi goreng, bakso, sate dan lain-lain.

Merupakan negara destinasi wisata yang ekonomis

Selain memiliki kelebihan-kelebihan di atas tadi, Indonesia juga memiliki kelebihan lain diantaranya biaya hidup yang lebih ekonomis bila dibandingkan dengan biaya hidup di negara wisata lain yang ada di Asean seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Fasilitas hunian, Harga biaya transportasi, makanan, dan penginapan di Indonesia relatif lebih murah.

Cukup beragam bukan alasan para pelancong dari luar negeri yang berkunjung ke negara kita tercinta ini, Selain sudah terdapat beberapa faktor yang menjadi pendorong mereka untuk memilih negara kita sebagai tujuan wisatanya, sudah senantiasa kita juga sebagai masyarakat Indonesia yang terkenal dengan keramahanya untuk senantiasa menjaga karakter kita sebagai tuan rumah yang ramah, bersahabat dan berpikiran terbuka untuk membuat para pelancong semakin betah berkunjung ke negara kita tercinta ini.


Oleh : Eds Jr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijak dan bersifat positif juga memberikan perbaikan.

eds graphics & design

eds graphics & design
eds graphics & design advertise banner

EDs daily review