Kamis, Oktober 05, 2017

Bentuk becak di eropa


Bentuk becak di Eropa
 
Becak merupakan sebuah kata yang tidak asing untuk didengar ditelinga bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi tidak banyak yang tahu berasal dari bahasa apakah kata becak itu. Kata becak berasal dari bahasa Hokkien yaitu be chia yang berarti kereta kuda. Memang seperti kurang tepat kalo seandainya becak di sebut kereta kuda walaupun dalam bahasa lain, karena becak tidak ditarik atau menggunakan penarik kuda sebagai tenaga pengeraknya. 

Becak adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi dengan tenaga penggerak manusia yaitu si pengemudi becak tersebut yang mengayuh becaknya supaya dapat berjalan. Becak jalanya lambat tidak dapat kencang seperti sepeda pada umumnya. Mungkin karena becak lebih berat dari pada sepeda biasa pada umumnya walaupun sama-sama dikayuh cara mengemudikanya. Oleh karena becak sering kali dianggap sebagai biang kemacetan.

Bentuk becak di Indonesia

Oleh karena itu becak dibeberapa kota besar yang padat arus lalu-lintasnya dianggap tidak diperlukan lagi sebagai alat transportasi. Sementara di Jakarta becak dilarang sekitar akhir dasawarsa atau pada tahun 1980-an. Namun dibeberap kota pinggiran becak masih dapat dengan mudah dijumpai. 

Kalo di Indonesia pada umumnya pengemudi becak itu berada di bagian belakang dan penumpang ada bagian didepan posisinya, lain halnya lagi dengan becak yang ada di Eropa. Rata-rata becak yang ada di eropa adalah sebaliknya, dimana pengemudinya berada di depan dan penumpang ada di bagian belakang posisinya. Kalo di Indonesia kendaraan roda tiga ini masih menggunakan tenaga manusia sepenuhnya, sementara di Eropa becak sudah ada yang memiliki dua tenaga penggerak yaitu tenaga manusia dengan cara mengayuh seperti layaknya kita menggunakan sepeda pada umumnya, sementara tenaga penggerak lainya berupa tenaga electrik yang menggerakan roda dengan dinamo listrik.


Sumber : 
  Oleh : Eds Jr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijak dan bersifat positif juga memberikan perbaikan.

eds graphics & design

eds graphics & design
eds graphics & design advertise banner

EDs daily review